rpp fisika kurikulum 2013 getaran harmonis
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Bandar
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XI /Satu
Materi Pokok : Getaran Harmonis
Sub Materi : Karakteristik
Getaran
Harmonis
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A.
Kompetensi inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya .
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi dasar
1.1
Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan
mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena alam
fisis dan pengukurannya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti;
cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka;
kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan, melaporkan, dan berdiskusi.
3.4 Menganalisis hubungan antara gaya dan gerak getaran.
Indikator
3.4.1 Menganalisis besaran-besaran gelombang (simpangan, amplitudo,
frekuensi, dan periode getaran) dari sebuah persamaan simpangan.
4.4 Merencanakan dan melaksanakan
percobaan gerak harmonis pada ayunan
bandul dan getaran pegas.
Indikator
4.4.2 Mempresentasikan hasil analisis data dari praktikum
getaran harmonis pada pegas.
C.
Tujuan pembelajaran
1. Melalui praktikum, diskusi, dan presentasi
kelompok, siswa mampu menunjukkan
sikap rasa ingin tahu dan kritis dalam mengumpulkan dan menganalisis informasi
tentang karakteristik gerak harmonik sederhana pada pegas.
2. Melalui praktikum,
diskusi, dan presentasi kelompok,
siswa mampu menunjukkan sikap
bekerjasama dan bertanggungjawab.
3. Melalui praktikum, diskusi kelompok, kuis, dan penugasan, siswa
mampu menentukan simpangan pada
waktu tertentu, amplitudo, frekuensi, dan periode getaran dari sebuah
persamaan simpangan.
4. Melalui praktikum
dan diskusi kelompok, siswa mampu menyajikan hasil analisis data dari
praktikum getaran harmonis pada pegas serta mempresentasikan di
depan kelas.
D.
Materi ajar
Konsep
|
Prinsip
|
Prosedur
|
1. Besaran-besaran pada gerak harmonis sederhana
2. Simpangan gerak harmonis sederhana
3. Kecepatan gerak harmonis sederhana
4. Percepatan gerak harmonis sederhana
|
Getaran harmonis pada pegas
|
Praktikum getaran pegas
|
E.
Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran
1.Pendekatan
: Saintifik
2.Model
Pembelajaran : Kooperatif Group
Investigation (GI)
3.Metode : Demonstrasi,
studi pustaka, diskusi, dan presentasi
F.
Media, Alat, dan Sumber Belajar
Media :
LCD
Alat :
penggaris, pegas, beban 50 gr, stopwatch, tali, statif
Sumber belajar :
1. Kanginan, M. 2004. Fisika untuk SMA Kelas XI. Jakarta:
Erlangga.
2. Siswanto
& Sukaryadi. 2009. Kompetensi Fisika. Jakarta: Pusat Perbukuan DepartemenPendidikan
Nasional.
3. Tim MIPA. LKS
Kreatif Fisika SMA/MA Kelas X Semester Gasal .
Jawa Tengah: VivaPakarindo.
G.
Langkah Pembelajaran
kegiatan
|
Sintaks GI
|
Deskripsi kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
|
1.
Guru menyampaikan salam
2.
Ketua kelas mempimpin berdoa
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Guru memberikan apersepsi: Pernahkah kalian melihat
jam yang memiliki bandul di tengahnya? “Bagaimanakah gerak bandul
tersebut?Dapatkah kalian menyebutkan contoh benda yang bergerak seperti gerak
bandul tersebut?”
|
5 menit
|
Kegiatan inti
|
grouping
|
1.
Siswa di bagi menjadi 4 kelompok, tiap kelompok
beranggotakan 4-6 siswa
2.
Siswa di bagikan LKS
|
30 menit
|
Planning
|
1.
Siswa
memberikan hipotesis dari permasalahan-permasalahn pada LKS.
2.
siswa merencanakan cara menjawab
hipotesis
3.
siswa melakukan pembasian tugas untuk
anggota kelompok masing-masing
4.
guru melakukan observasi penilaian
sikap dan keterampilan siswa untuk perencanaan praktikum
|
||
Investigating
|
1.
siswa melakukan praktikum
2.
siswa mencatat data hasil praktikum ke dalam LKS
3.
siswa menulis analisis data untuk membuktikan hipotesis
4.
siswa di nilai aspek sikap dan keterampilan analisis
data oleh guru
|
||
Organizing
|
1.
anggota kelompok menulis hasil analisis data dan
merencanakan untuk mempresentasi hasil analisis data yang sudah di tulis di
depan kelas
2.
siswa dinilai sikap dan keterampilan dalam
mempersiapkan presentasi di depan kelas oleh guru
|
||
Presenting
|
1.
Salah satu
kelompok menyajikan hasil analisis data, sedangkan kelompok lain mengamati,
mengevaluasi, mengklarifikasi, mengajukan pertanyaan atau tanggapan yang
relevan dengan materi yang dipresentasikan.
2.
Siswa dinilai kinerja presentasinya oleh guru
|
||
Evaluating
|
1.
siswa di beri kuis oleh guru
2.
Siswa mengerjakan kuis yang di berikan guru
|
||
Penutup
|
|
1.
Siswa di beri kesempatan untuk bertanya apabila ada
yang kurang jelas atau kurang di mengerti
2.
Siswa diminta untuk menyimpulkan pembelajaran
3.
Guru mengucapkan salam
|
10 menit
|
H.
Penilaian
a.
Penilaian sikap
Format lembar
observasi sikap siswa
No
|
Nama
|
Sikap
|
|||||||||||
keterbukaan
|
Ketekunan belajar
|
Tenggang rasa
|
kerajinan
|
disiplin
|
Kerja sama
|
Ramah dengan teman
|
kejujuran
|
Menepati janji
|
kepedulian
|
Tanggung jawab
|
|||
1.
|
|||||||||||||
2.
|
|||||||||||||
3.
|
|||||||||||||
4.
|
|||||||||||||
5.
|
|||||||||||||
6.
|
|||||||||||||
7.
|
|||||||||||||
8.
|
|||||||||||||
9.
|
|||||||||||||
10.
|
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1
sampai dengan 5.
1 = sangat kurang; 2 = kurang; 3 = cukup; 4 = baik dan
5 = amat baik.
Untuk penilaian sikap, angka ini berfungsi sebagai
alat peringkas profil peserta didik, bukan sebagai harga mati untuk KKM.
b.
Penilaian keterampilan/unjuk kerja
Penilaian melakukan praktikum
No
|
Aspek yang
dinilai
|
nilai
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Merumuskan
masalah, hipotesis, dan
merencanakan
percobaan
|
|||
2
|
Merangkai alat
|
|||
3
|
Melakukan pengamatan/pengukuran
|
|||
4
|
Melakukan analisis data dan menyimpulkan
|
rubrik
No
|
Aspek yang di
nilai
|
nilai
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Merumuskan masalah, hipotesis,
dan
merencanakan percobaan
|
Tidak mampu merumuskan
masalah, hipotesis, dan
merencanakan percobaan
|
Dilakukan dengan bantuan guru
|
Dilakukan secara mandiri (individual atau
kelompok)
|
2
|
Merangkai alat
|
Rangkaian alat tidak benar
|
Rangkaian alat benar,
tetapi tidak rapi atau
tidak memperhatikan
keselamatan kerja
|
Rangkaian alat benar,
rapi, dan memperhatikan
keselamatan kerja
|
3
|
Melakukan pengamatan/pengukuran
|
Rangkaian alat benar, rapi, dan
memperhatikan
keselamatan kerja
|
Pengamatan cermat, tetapi mengandung
interpretasi
|
Pengamatan cermat dan
bebas interpretasi
|
4
|
Melakukan analisis data dan menyimpulkan
|
Tidak mampu
|
Dilakukan dengan bantuan
guru
|
Dilakukan secara mandiri
(individual atau kelompok)
|
c.
Penilaian produk
Penilaian hasil
percobaan
No
|
Aspek yang di
niai
|
nilai
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1.
|
Hasil rumusan masalah /pertanyaan yang akan di selidiki
|
|||
2.
|
Hasil rumusan hipotesis
|
|||
3.
|
Hasil perencanaan praktikum
|
|||
4.
|
Hasil pengamatan atau pengukuran
|
|||
5.
|
Hasil analisi data dang kesimpulan
|
Rubriknya :
No
|
Aspek yang di
nilai
|
nilai
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1.
|
Hasil rumusan
masalah /pertanyaan yang akan di selidiki
|
Tidak berupa masalah
|
Ada, dalam bentuk pernyataan namun mengarah
ke penyelidikan, atau pertanyaan yang tidak lengkap
|
Ada, dalam bentuk
pertanyaan, mengarahkan
ke penyelidikan
|
2.
|
Hasil rumusan
hipotesis
|
Ada, namun tidak berupa hipotesis
|
Ada, sudah mengarah ke jawaban
sementara permasalahan, namun tidak mengaitkan variabel-variabel
Percobaan.
|
Ada,
dalam bentuk
pernyataan,
mengaitkan
variabel-variabel
percobaan,
mengarahkan
ke
penyelidikan
|
3.
|
Hasil perencanaan
praktikum
|
Tidak menunjukkan sebagai perencanaan praktikum
|
Sudah ada langkah-langkah
perencanaan, belum seluruh
langkah yang seharusnya ada
|
Sudah ada langkahlangkah
perencanaan,
mencakup langkah yang
seharusnya ada
|
4.
|
Hasil pengamatan
atau pengukuran
|
Data tidak menunjukkan hasil pengamatan yang
cermat, tepat, dan aman
|
Data hanya menunjukkan dua aspek dari cermat,
lengkap, aman; masih mencampurkan data dengan inferensi.
|
Data hanya menunjukkan
dua aspek dari cermat,
lengkap, aman; bebas dari
inferensi
|
5.
|
Hasil analisi data
dang kesimpulan
|
Tidak melakukan
analisis data (hanya
menyajikan data,
tanpa analisis lebih
lanjut)
|
Ada hasil analisis data, namun tidak melakukan
upaya penyimpulan
|
Ada analisis dan simpulan
(menjawab masalah atau menunjukkan kebenaran/
ketidakbenaran hipotesis)
|
LEMBAR KERJA SISWA
(karakteristik
gerak harmonik)
PROSEDUR
1. Ikat beban diujung
pegas!
2. Ikat ujung pegas yang
lain pada statif!
3. Tarik beban hingga
panjang tertentu! Catat perubahan panjang dari posisi awal sebagaiamplitudo!
4. Lepaskan beban secara
perlahan! Kemudian catat waktu yang diperlukan untukmelakukan 10 kali getaran!
5. Lakukan percobaan yang
sama namun dengan amplitude yang berbeda!
DATA
PRAKTIKUM
Percobaan ke-
|
Amplitudo
|
Jumlah getaran
|
Waktu yang
diperlukan (s)
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
PERMASALAHAN
1. Tentukan periode dan
frekuensi dari masing-masing percobaan tersebut!
2. Tentukan persamaan
simpangan, persamaan kecepatan, dan persamaan percepatan gerakharmonik
sederhana dari masing-masing percobaan tersebut!
3. Tentukan besar
simpangan, besar kecepatan, dan besar percepatan benda pada waktu 2 sekon!
4. Apakah amplitudo
mempengaruhi besar periode, frekuensi, dan kecepatan benda?Jelaskan!
5. Buat grafik hubungan
kecepatan dan amplitude berdasarkan hasil praktikum!
6. Buat kesimpulan
praktikum ini!
wah lumayan membantu min. buat nambah pengetahuan aja, buat rpp
BalasHapussaling berbagi pengetahuan. mohon saran juga untuk saling meperbaiki aga lebih baik
BalasHapus