rpp hukum newton dan penerapannya

     RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
Sekolah                       :SMA N 1 BANDAR
Mata Pelajaran           :Fisika
Kelas/Semester           :X/Gasal
Materi Pokok              : Hukum Newton dan Penerapannya 
Alokasi Waktu             : 9 JP (9 x 45 menit)

A.     Kompetensi Inti
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsifdan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:  Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora denganwawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat danminatnya untuk memecahkan masalah.
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampumenggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.      Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1            Menyadari kebesaran Tuhan  yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya
2.1            Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingintahu; objektif; jujur; teliti;   cermat; tekun; hati-hati; bertanggungjawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, danberdiskusi.
3.4       Menganalisis hubungan antara gaya, massa, dan gerakan benda pada gerak lurus
Indikator:
3.4.1          Menjelaskan bunyi hukum I  newton.
3.4.2          .Menguraikan gaya gaya yang ada pada suatu benda.
3.4.3          Memformulasikan gaya gaya yang bekerja pada suatu benda
3.4.4          Menjelaskan bunyi hukum II  newton.
3.4.5          Menjelaskan penyebab suatu benda dapat bergerak.
3.4.6          Menggambar gaya berat, gaya normal, dan gaya tegang tali.
3.4.7          Menjelaskan bunyi hukum III  newton.
3.4.8          Menghitung besarnya gaya yang bekerja pada suatu benda ketika bergerak.
3.4.9          Menjelaskan apikasi hukum newton pada kehidupan sehari hari.

4.1            Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang    tepat untuk penyelidikan ilmiah
Indikator:
4.1.1          Mengukur besarnya massa suatu benda.
4.1.2          Mencatat waktu yang diperlukan benda ketika meluncur.
  4.2      Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menyelidiki hubungan gaya, massa, dan percepatan dalam gerak lurus
            Indikator:
4.2.1 Melakukan percobaan gerak benda, misalnya dalam bidang miring

      C. Tujuan Pembelajaran
1.       Dengan menceritakan hal hal yang berkaitan dengan hukum newton siswa mampu menjelaskan bunyi hukum I  newton.
2.       Dengan pembeajaran melalui papn tulis siswa mampu menguraikan gaya gaya yang ada pada suatu benda yang diam maupun bergerak.
3.       Melalui diskusi kelompok siswa mampu memformulasikan gaya gaya yang bekerja pada suatu benda
4.       Dengan menceritakan hal hal yang berkaitan dengan hukum newton siswa mampu menjelaskan bunyi hukum II  newton.
5.       Melalui peragaan sederhan siswa mampu menjelaskan penyebab suatu benda dapat bergerak.
6.       Melalui media papn tulis siswa mampu menggambar gaya berat, gaya normal, dan gaya tegang tali.
7.       Dengan menceritakan hal hal yang berkaitan dengan hukum newton siswa mampu menjelaskan bunyi hukum III  newton.
8.       Melalui diskusi kelompok siswa mampu menghitung besarnya gaya yang bekerja pada suatu benda ketika bergerak.
9.       Dengan menyebutkan contoh contoh aplikasi hokum newton siswa mampu menjelaskan apikasi hukum newton pada kehidupan sehari hari.
10.    Dengan memberikan alat ukur berupa neraca siswa mampu mengukur besarnya massa suatu benda.
11.    Dengan memberikan alat ukur berupa stopwatch siswa mampu mencatat waktu yang diperlukan benda ketika meluncur
12.    Dengan memberikan alat dan bahan siswa mampu merakit dan melakukan percobaan sederhana mengenai hukum newton.


D.     Materi Pembelajaran
Hukum I Newton menyatakan bahwa:
Setiap benda tetap berada dalam keadaan diam atau bergerak dengan laju tetap sepanjang garis lurus, kecuali jika diberi gaya total yang tidak nol.dapat dirumuskan:
            Hukum II Newton, yang bunyinya sebagai berikut:
Percepatan sebuah benda berbanding lurus dengan gaya total yang bekerja padanya dan berbanding terbalik dengan massanya. Arah percepatan sama dengan arah gaya total yang bekerja padanya.dapat dirumuskan:
Hukum III Newton, yaitu:
Ketika suatu benda memberikan gaya pada benda kedua, benda kedua tersebut memberikan gaya yang sama besar tetapi berlawanan arah terhadap benda pertama.
Macam macam gaya:
            1.Gaya normal
            2. Gaya Gesek
            3. Gaya berat
            4.Gaya sentripetal
E. Metode Pembelajran
            1. Pendekatan   :Scientific
            2. Model          :Direct Interaction, Cooperative Learning
3. Metode          : Ceramah,Demonstrasi,Percobaan,Tanyajawab,diskusi kelomok dan Penugasan.

F.Media Alat dan Sumber Pembelajran
    1. Media: Papan tulis
    2. Alat dan bahan: Spidol,Gelas,Uang Logam,kertas tebal
    3. Sumber Pembelajaran:Buku Fisika SMA kelas X.

G. Langkah Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
1. Kegiatan awal (15 menit)
a. Guru mengucapkan salam dan memimpin berdoa
            b. Guru mengecek kehadiran siswa.
            c.Motivasi dan Apersepsi
 - Mengapa pada saat di dalam mobil tubuh kita akan bergerak ke depan ketika mobil direm mendadak?
            d. Prasarat pengetahuan
                 - Siapa Newton itu?
2.Kegiatan inti (100menit)
     Mengamati  
·            Guru menunjukan eksperimen sederhana mengenai hukum I Newton.
·            Siswa mengamati dan membuat hipotesis tentang hasil pengamatannya.
Menanya
·            Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya
·            Siswa mendiskusikan hasil temuan yang didapat dari proses mencermati yang didemonstrasikan guru
Mencoba
·         Guru menunujuk salah satu siswa untuk mencoba
·         Siswa melakukan  percobaan yang di demonstrasikan oleh guru.
Mengasosiasikan
·         Siswa mencoba berdiskusi mengenai hukum newton dan gaya gaya yang bekerja pada suatu benda.
Mengkomunikasikan
·         Guru menyuruh perwakilan dari setiap kelompok untuk mempresentasikan hasi diskusinya.
·         Siswa menuliskan dipapan tulis
·         Guru menanggapi jawaban dari siswa dan memberi informasi tambahan jika diperlukan.    
Mencoba
·         Guru memberikan suatu permasalahan yang berkaitan dengan hukum  newton
·         Siswa mencoba memecahkan permasalahan yang diberikan oleh guru.
Mengasosiasi
·         Siswa menganalisis permasalahan yang diberikan oleh guru.
·         Guru membimbing/menilai kemampuan siswa menganalisis dan merumuskan kesimpulan
Mengkomunikasikan
·         Guru menyuruh perwakilan dari salah satu kelompok untuk mmpresentasikan hasil diskusinya.
·         Guru menanggapi presentasi yang teah dilakukan oleh siswa dan menambahkan inforamsi tambahan.
3. Kegiatan Penutup (20 menit)
            a. Melaksanakan evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
            b.Guru memberikan tugas pada siswa.
c. Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam
Pertemuan II
1. Kegiatan awal (15 menit)
a. Guru mengucapkan salam dan memimpin berdoa
            b. Guru mengecek kehadiran siswa.
            c.Motivasi dan Apersepsi
 - Guru menyampaikan tujuan pembelajran.
- materi yang telah kita pelajari sebenaranya dalam kehidupan sehari hari sering kita jumpai dalam hal apa?
2.Kegiatan inti (110menit)
Mengamati
·         Guru menggambarkan gaya gaya yang bekerja pada benda ketika pada suatu bidang.
·         Siswa mengamati dan apa yang sedang digambar oeh guru.
Menanya
·            Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya
·            Siswa mendiskusikan hasil temuan yang didapat dari proses mencermati yang didemonstrasikan guru
Mencoba
·         Guru menunujuk salah satu siswa untuk mencoba menggambarkan arah gaya yang bekerja pada susatu benda.
·         Siswa mencoba untuk menggambarkan dengan bimbingan guru.
Mengasosiasikan
·         Guru menyuruh siswa untuk membentuk kelompok.
·         Siswa menganalisis gaya gaya apa saja yang terdapat pada suatu permasalahan.
·         Guru membimbing/menilai kemampuan siswa menganalisis dan merumuskan kesimpulan
Mengkomunikasikan
·         Guru menyuruh perwakilan dari salah satu kelompok untuk mmpresentasikan hasil diskusinya.
·         Guru menanggapi presentasi yang teah dilakukan oleh siswa dan menambahkan inforamsi tambahan.
3. Kegiatan Penutup (10 menit)
            a. Guru bersama siswa menyimpulkan apa yang telah dipelajari.
            b. Guru memberikan tugas kepada siswa.
c. Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam
Pertemuan III
1. Kegiatan awal (15 menit)
a. Guru mengucapkan salam dan memimpin berdoa
            b. Guru mengecek kehadiran siswa.
            c.Motivasi dan Apersepsi
 - Guru menyampaikan tujuan pembelajran.
-  Materi yang telah kita pelajari sebenaranya dalam kehidupan sehari hari sering kita jumpai dalam hal apa?
2.Kegiatan inti (60menit)
Mengamati
·         Guru menggantungkan sebuah bandul.
·         Siswa mengamati apa yang sedang guru lakukan.
Menanya
·            Guru bertanya pada siswa,apa yang dimiliki oleh tali tersebut.
Mencoba
·         Guru menunujuk salah satu siswa untuk mencoba menjawab pertanyaan yang di ajukan oleh guru.
·         Siswa mencoba untuk menjawab pertanyaan dari guru
Mengasosiasikan
·         Siswa menganalisis gaya gaya apa saja yang terdapat pada suatu permasalahan.
·         Guru membimbing/menilai kemampuan siswa menganalisis dan merumuskan kesimpulan
Mengkomunikasikan
·         Guru menyuruh perwakilan dari salah satu kelompok untuk mmpresentasikan hasil diskusinya.
·         Guru menanggapi presentasi yang teah dilakukan oleh siswa dan menambahkan inforamsi tambahan.
3. Kegiatan Penutup (60 menit)
            a. Melaksanakan evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
            b. Guru memberikan tugas kepada siswa.
c. Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam

H. Penilaian
      1. Jenis/Teknikpenilaian
            -Tes
            - Nontes
       2. Bentuk Instrument
            - Pengamatan sikap dan rubric
            - Tesuraian
            - Penilaian kinerja dalam praktikum dan rubric

            LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
No.
Nama
Sikap
kedisipinan
kejujuran
Tanggung jawab
Persiapan awal KBM
keaktifan
skor

























Rubrik penilaian sikap
NO
Aspek yang dinilai
Rubrik
1.
Kedisiplinan
20: Disiplin dalam mengikuti pembeljaran
15: Kurang disiplin dalam mengikuti pembeljaran
10: Tidak  disiplin dalam mengikuti pembeljaran 5:
2.
Persiapan awal pembelajaran
20: Lengkap
15: Cukup Lengkap
10: Tidak Lengkap
3.
Kejujuran
20: Baik
15:Kurang baik
10: Jelek
4.
Berkomunikasi
20: Aktif dalam Tanya jawab dan dapat mengemukakan ide denagn baik.
15: Aktif dalam Tanya jawab dan kurang dapat mengemukakan ide denagn baik.
10: Tidak aktif dalam Tanya jawab dan tidak dapat mengemukakan ide denagn baik.
5.
Tanggung jawab
20:Mampu bertanggungjawab dengan baik.
15:Kurang mampu bertanggungjawab
10:Tidak bias beranggungjaewab.
            Nilai akhir = 5x 20=100

               LEMBAR ENILAIAN KOGNITIF
No.
Indikator
Contoh soal
1.
Menjelaskan bunyi hukum I  newton
1.Jelaskan bunyi hokum I newton!
2.
Menguraikan gaya gaya yang ada pada suatu benda
1. Balok bermassa 20 kg berada di atas bidang miring licin dengan sudut kemiringan 30O. Jika Ucok ingin mendorong ke atas sehingga kecepatannya tetap maka berapakah gaya yang harus diberikan oleh Ucok?
3.
Menjelaskan penyebab suatu benda dapat bergerak
1. jelaskan mengapa sebuah benda dapat bergerak dan mengapa sebuah benda dalam keadaan diam
4.
Menggambar gaya berat, gaya normal, dan gaya tegang tali.

1. Benda bermassa 10 kg diikat tali dan dibentuk
sistem seperti pada Gambar 4.5. Jika sistem itu
diam dan percepatan gravitasi g = 10 m/s2 maka
tentukan tegangan tali T1 dan T2!
5.
Menjelaskan apikasi hukum newton pada kehidupan sehari hari.

1.Sebutkan dan jelaskan aplikasi hokum newton dalam kehidupan swahri hari.

RubrikPenilaian
No
Jawaban
Skor
1
Benar dan lengkap
20
2
Benar dan kurang lengkap
15
3
Kurang benar
10
4
Jawaban salah
5
5.
Tidak dijawab
0

Nilaiakhir = 20 x 5= 100      

PENILAIAN PSIKOMOTORIK
            Lembar Kegiatan Siswa
Nama Anggota          :
Kelas                        :
Nama Alat praktikum :
Alat dan Bahan          :
Waktu Pembuatan     :
Biaya Pembuatan       :
No.
Indikator Peniaian
Skor
1.
Kerapian alat

2.
Kesempurnaan alat

3.
Lama Pembuatan


Rubrik Penilaian
No.
Indikator
Skor
1.
Kerapian alat
Rapi              :21-30
Kurang rapi :11-20
Tidak rapi    :0-10
2.
Kesempurnaan alat
Sesuai dengan petunjuk :31-40
Kurang seseuai                 :21-30
Tidak sesuai                      :10-20
3.
Lama Pembuatan
Waktunya       :21-30
Waktunya       :11-20
Waktunya  8   0-10


                                                                                                            Pemalang,September  2014

Guru Pamong                                                                                       Mahasiswa


Sobri S.Pd, M.Pd                                                                                  Ade Akhmad Fathur R.
NIP. 196706081992011001                                                                   NPM:11330014


Komentar

Postingan Populer