rpp fisika materi listrik dan magnet
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA Plus N 7 Bengkulu
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XII/1
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
STANDAR KOMPETENSI
2. Menerapkan konsep
kelistrikan dan kemagnetan dalam bebagai penyelesaian masalah dan produk
tegnologi.
KOMPETENSI DASAR
2.1 Memformulasikan gaya
listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada
keeping sejajar.
A. Indikator
1. Kognitif:
1)
Mendiskripsikan
pengertian
medan listrik.
2)
Merumuskan medan listrik melalui
diskusi kelas.
3) Mengaplikasikan prinsip gaya coulomb pada medan listrik dalam
permasalahan sehari-hari
2. Afektif:
a.
Karakter: berperilaku santun
b.
Keterampilan sosial: menyampaikan pendapat, menjadi
pendengar yang baik
B. Tujuan
Pembelajaran
1. Kognitif
1.
Dengan kalimat sendiri, siswa dapat mendiskripsikan pengertian medan
listrik.
2. Dengan berdiskusi, siswa dapat merumuskan medan listrik
3.
Disajikan permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan prinsip medan
listrik, siswa dapat mengaplikasikan prinsip tersebut
dan
memecahkannya
3. Afektif:
a.
Terlibat
aktif dalam pembelajaran dan menunjukkan karakter berperilaku santun
b.
Menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik dalam diskusi
C. Materi
Pembelajaran
Kuat medan lisrik di suatu titik dalam medan listrik
didefenisikan sebagai gaya persatuan muatan listrik di titik itu. Kuat medan
listrik dinyatakan dengan lambing E. gambar disamping
menggambarkan suatu benda bermuatan q yang menimbulkan medan listrik di
sekitarnya. Ditinjau suatu titik p pada jarak r dari q. untuk menentukan kuat
medan listrik di titik p, maka diletakkan sebuah muatan uji sebesar q’ .
besarnya kuat medan di titik p dapat di tuliskan:
Dengan :
= kuat medan
listrik di titik p (newton/ coulomb)
k = konstanta = 9. 109 Nm2C-2
q = muatan listrik yang menimbulkan
medan listrik (C)
r = jarak titik p ke muatan q (m)
Catatan: Bahan ajar tentang listrik statis pada buku siswa (terlampir)
D. Model dan Metode
Pembelajaran :
Model Pembelajaran : Pembelajaran
Langsung ( Direct Interaction )
Metode
Pembelajaran : Diskusi
E. Sumber Belajar
1. Buku Siswa “Listrik Statis”
2. LDS dan Kunci Jawaban LDS
G. Kegiatan Belajar Mengajar
No
|
Aktivitas Pembelajaran
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
A
|
Pendahuluan (5
menit)
|
|
|
|||
1
|
Motivasi dan
Apersepsi: siswa diminta menyampaikan
pendapat tentang hubungan gaya coulomb dengan kejadian di sekitarnya. Mengapa sebuah muatan dapat melakukan gaya
pada muatan yang lain padahal kedua muatan tidak saling bersentuhan?
|
|
|
|
|
|
2
|
Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran: kognitif psikomotorik; dan afektif (keterampilan sosial dan perilaku
berkarakter).
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
B
|
Kegiatan Inti (80
menit)
|
|
|
|||
1
|
Siswa
dibimbing untuk dapat mendiskripsikan tentang medan listrik berdasarkan
buku siswa (BS-01) yang disiapkan.
|
|
|
|
|
|
2
|
Perwakilan
dari siswa diminta untuk
menyebutkan arah medan listrik.
|
|
|
|
|
|
3
|
Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perumusan medan listrik yang
dihasilkan oleh muatan titik dan distribusi muatan. kemudian
meminta siswa mengulangnya untuk
mengecek apakah ia menjadi pendengar yang baik.
|
|
|
|
|
|
4
|
Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perumusan
menentukan letak titik yang kuat
medannya nol
|
|
|
|
|
|
5
|
Guru
memberikan beberapa soal LDS-01 menentukan medan listrik oleh suatu muatan dan sejumlah muatan
untuk dikerjakan oleh peserta didik.
|
|
|
|
|
|
6
|
Guru memberikan arahan agar semua siswa bisa mengerjakan
soal
|
|
|
|
|
|
7
|
Guru mengoreksi
jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
C
|
Penutup (5
menit)
|
|
|
|||
1
|
Guru membimbing siswa
untuk menyimpulkan hasil diskusi tentang hal-hal yang berhubungan dengan medan
listrik
|
|
|
|
|
|
2
|
Guru memberikan waktu
kepada siswa untuk bertanya atau menyampaikan usulan agar pembelajaran berikutnya lebih baik.
|
|
|
|
|
|
3
|
Guru memberi tugas baca
kepada siswa untuk materi selanjutnya tentang hukum gauss
|
|
|
|
|
|
Pustaka
Marthen kanginan.2007. Fisika Untuk Sma Kelas Xii. Jakarta : Erlangga
Trianto. 2010. Mendesain
Model Pembelajaran Inovatif Progresif, cetakan kedua. Jakarta : Kencana
prenada media group
Komentar
Posting Komentar