rpp fisika materi listrik dan magnet

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan :     SMA Plus N 7 Bengkulu
Mata Pelajaran       :     Fisika
Kelas/Semester            :           XII/1
Alokasi Waktu             :           2 jam pelajaran

STANDAR KOMPETENSI     
2.      Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam bebagai penyelesaian masalah dan produk tegnologi.

KOMPETENSI DASAR         
2.1  Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keeping sejajar.

A.  Indikator                                
1. Kognitif:
1)   Mendiskripsikan pengertian medan listrik.
2)   Merumuskan medan listrik melalui diskusi kelas.
3)   Mengaplikasikan prinsip gaya coulomb pada medan listrik dalam permasalahan sehari-hari


2. Afektif:
a.       Karakter: berperilaku santun
b.      Keterampilan sosial: menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik

B.   Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif

1.      Dengan kalimat sendiri, siswa dapat mendiskripsikan pengertian medan listrik.
2.      Dengan berdiskusi, siswa dapat merumuskan medan listrik
3.      Disajikan permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan prinsip medan listrik, siswa dapat mengaplikasikan prinsip tersebut dan memecahkannya


3Afektif:

a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran dan menunjukkan karakter berperilaku santun
b.      Menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik dalam diskusi
C.  Materi Pembelajaran
Kuat medan lisrik di suatu titik dalam medan listrik didefenisikan sebagai gaya persatuan muatan listrik di titik itu. Kuat medan listrik dinyatakan dengan lambing E. gambar disamping menggambarkan suatu benda bermuatan q yang menimbulkan medan listrik di sekitarnya. Ditinjau suatu titik p pada jarak r dari q. untuk menentukan kuat medan listrik di titik p, maka diletakkan sebuah muatan uji sebesar q’ . besarnya kuat medan di titik p dapat di tuliskan:
 
Dengan :
        = kuat medan listrik di titik p (newton/ coulomb)
k          = konstanta = 9. 109 Nm2C-2
q          = muatan listrik yang menimbulkan medan listrik (C)
r           = jarak titik p ke muatan q (m)

Catatan: Bahan ajar tentang listrik statis pada buku siswa (terlampir)

D. Model dan Metode Pembelajaran      :    
      Model Pembelajaran    : Pembelajaran Langsung ( Direct Interaction )
Metode Pembelajaran : Diskusi

E.   Sumber Belajar
1.   Buku Siswa “Listrik Statis”
2.   LDS dan Kunci Jawaban LDS

G.  Kegiatan Belajar Mengajar

No
Aktivitas Pembelajaran
Penilaian
1
2
3
4
A
Pendahuluan (5 menit)


1
Motivasi dan Apersepsi: siswa diminta menyampaikan pendapat tentang hubungan gaya coulomb dengan kejadian di sekitarnya. Mengapa sebuah muatan dapat melakukan gaya pada muatan yang lain padahal kedua muatan tidak saling bersentuhan?





2
Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran: kognitif psikomotorik; dan afektif (keterampilan sosial dan perilaku berkarakter).










B
Kegiatan Inti (80 menit)


1
Siswa dibimbing untuk dapat mendiskripsikan tentang medan listrik berdasarkan buku siswa (BS-01) yang disiapkan.




2
Perwakilan dari siswa diminta untuk menyebutkan arah medan listrik.





3
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perumusan medan listrik yang dihasilkan oleh muatan titik dan distribusi muatan. kemudian meminta siswa mengulangnya untuk mengecek apakah ia menjadi pendengar yang baik.





4
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai  perumusan  menentukan letak titik yang kuat medannya nol




5
Guru memberikan beberapa soal LDS-01 menentukan medan listrik oleh suatu muatan dan sejumlah muatan untuk dikerjakan oleh peserta didik.





6
Guru memberikan arahan agar semua siswa bisa mengerjakan soal





7
Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.









C
Penutup (5 menit)


1
Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan hasil diskusi tentang hal-hal yang berhubungan dengan medan listrik





2
Guru memberikan waktu kepada siswa untuk bertanya atau menyampaikan usulan agar pembelajaran berikutnya lebih baik.





3
Guru memberi tugas baca kepada siswa untuk materi selanjutnya tentang hukum gauss







     
Pustaka

Marthen kanginan.2007. Fisika Untuk Sma Kelas Xii. Jakarta : Erlangga

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, cetakan kedua. Jakarta : Kencana prenada media group

Komentar

Postingan Populer