rpp kurikulum 2013 tentang gerak lurus

          RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
Sekolah                       :SMA N 1 Bandar
Mata Pelajaran           :Fisika
Kelas/Semester           :X/Gasal
Materi Pokok                : Gerak Lurus dengan Kecepatan dan Percepatan Konstan
Alokasi Waktu            : 6 JP (6 x 45 menit)

A.     Kompetensi Inti
KI 1 :Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2:Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI  3:Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora denganwawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat danminatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4:Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.      Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1    Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melaluipengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya
2.1   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi.
3.3   Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan.
          Indikator:
          3.3.1 Menjelaskan konsep dasar gerak.
          3.3.2 Membedakan anatara jarak dengan perpindahan.
3.3.3 Membedakan antara kecepatan sesaat dengan kecepatan rata rata dan percepatan sesaat dengan percepatan rata rata.
3.3.4 Membedakan gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan
3.3.5 Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak lurus beraturan
3.3.6 Menganalisis besaran-besaran fisika dalam GLBB
3.3.7 Menganalisis besaran-besaran fisika dalam gerak jatuh bebas.
3.3.8 Menganalisis besaran-besaran fisika dalam gerak vertical ke atas.
3.3.9 Menghitung besarnya jarak,kecepatan dan percepatan pada gerak suatu benda.
4.1  Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah
Indikator:
        4.1.1. Melakukan percobaan gerak lurus dengan kecepatan konstan
  4.2 Menyajikan data dan grafik hasil percobaan untuk menyelidiki sifat gerak benda yang bergerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan.
        Indikator:
             4.2.1 Menggambarkan grafik anatara GLB dan GLBB.
C. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah diberikan peragaan sederhana mengenai gerak diharapkan siswa mampu menjelaskan konsep dasar gerak.
2. Setelah diberikan contoh dari jarak dan perpindahan melalui peragaan dan gambar di papn tulis siswa mampu membedakan anatara jarak dengan perpindahan.
3. Dengan melalui disjusi kelompok sisaw mampu membedakan antara kecepatan sesaat dengan kecepatan rata rata dan percepatan sesaat dengan percepatan rata rata.
4 Dengan melului diskusi kelompok siswa akan mampu membedakan gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan
5.  Setelah mampu membedakan GLB dan GLBB siswwa mampu menguraikan besaran-besaran fisika pada gerak lurus beraturan
                  6.  Setelah mampu membedakan GLB dan GLBB siswwa mampu menguraikan besaran-besaran fisika dalam GLBB
                 7.Setelah melaukan diskusi kelompok siswa mampu menganalisis besaran-besaran fisika dalam gerak jatuh bebas.
               8. Setelah melaukan diskusi kelompok siswa mampu Menganalisis besaran-besaran fisika dalam gerak vertical ke atas.
9.Dengan mengerjakan soal dengan membuka buku siswa mampu menghitung besarnya jarak,kecepatan dan percepatan pada gerak suatu benda.
10. Dengan diberikan alat dan bahan siswa mampu merakit dan melakukan percobaan gerak lurus dengan kecepatan konstan
11 Setelah melakukan praktikum siswa dapat menggambarkan grafik anatara GLB dan GLBB.
D.     Materi Pembelajaran
Pengertian Gerak
Suatu benda dikatakan bergerak apabila kedudukannya berubah terhadap acuan tertentu. Gerak translasi adalahgerakan yang berhubungan dengan berpindahnya suatu benda dari suatu tempat menuju ke tempat lain, di mana setiap partikel dalam benda dalam selang waktu yang sama menempuh jarak yang sama, sedangkan Gerak rotasi(gerak putar) adalah gerakan suatu benda dimana setiap titik pada benda tersebut mempunyai jarak yang tetap terhadap suatu sumbu tertentu.
Perpindahan dan Jarak
Perpindahan adalah perubahan kedudukan suatu benda karena perubahan waktu.Perpindahan merupakan besaran vektor.Jarak diartikan sebagai panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu bendadalam selang waktu tertentu, dan merupakan besaran skalar.
Kelajuan dan kecepatan
Kelajuan adalah cepat lambatnya perubahan jarak terhadap waktudan merupakan besaran skalar yang nilainya selalu positif, sehingga tidakmemedulikan arah.Kecepatan adalah cepat lambatnya perubahan kedudukan suatu benda terhadap waktu dan merupakan besaran vektor, sehingga memiliki arah.
dengan s = jarak total dalam m
t = waktu tempuh dalam s
v = kelajuan rata-rata dalam m/s
Kelajuan rata-rata dan kecepatan rata-rata
Kelajuan rata-rata didefinisikan sebagai hasil bagi jarak total yang ditempuhdengan waktu tempuhnya.
Percepatan dan Perlajuan
Percepatanadalah perubahan kecepatan dan atau arah dalam selang waktutertentu.Percepatan merupakan besaran vektor.
Gerak Lurus Beraturan (GLB)
Gerak lurus beraturanadalah gerak suatu benda yang lintasannya berupa garis lurus dan memiliki kecepatan yang tetap. Kecepatan tetap artinya besar dan arah kecepatan tidak berubah.Jarak yang ditempuh pada GLB,Jarak yang ditempuh = luas daerah yang diarsir
Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) didefinisikan sebagai gerak bendapada lintasan lurus dan kecepatan, berubah secara teratur.Jarak yang ditempuh pada GLBB
Jarak yang ditempuh = Luas daerah yangdiarsir
Gerak Vertikal
Gerak jatuh bebas adalah gerak jatuh yang hanya dipengaruhi oleh gaya tarik bumi dan bebas dari hambatan gaya-gaya lain.Gerak jatuh bebas termasuk GLBB dipercepat dengan kecepatan awal Vo = nol dan percepatan sebesar percepatan gravitasi (g), sehingga berlaku persamaan:
Gerak vertikal ke atas termasuk GLBB diperlambatberaturan dengan kecepatan awal vO dan perlambatansama dengan percepatan grafitasi (a = -g) Dengan demikian berlaku persamaan:
E. Metode Pembelajran
            1. Pendekatan   :Scientific
            2. Model          : Direct Interaction,Cooperative Learning
3. Metode         :,Ceramah,Tanyajawab,Demonstrasi,Diskusi kelompok ,eksperimen,penugasan
F.Media Alat dan Sumber Pembelajaran
             1. Media: Papan Tulis
2.Alat dan bahan: Spidol,penggaris, stopwatch,ticker timer,Bola.
            3. Sumber Pembelajaran:Buku Fisika SMA kelas X
G. Langkah Langkah Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan I
1. Kegiatan awal ( 20menit)
a. Guru mengucapkan salam dan memimpin berdoa
b. Guru mengecek kehadiran siswa.
                 c. Apersepsi dan Motivasi
                        -  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-  Bilamana suatu benda dapat dikatakan gerak?
 - Sebutkan beberapa contoh gerak lurus dalam kehidupan sehari -hari?
            d. prasyarat pengetahuan: apa yang dimaksud dengan gerak?
2.Kegiatan inti (100menit)
            Pertemuan I
            Mengamati
-          Guru berjalan dari depan ke belakang.
-          Siswa mengmati dan membuat suatu kesimpulan apa yang telah dilakukan oleh guru.
-          Guru mendemonstrasikan percobaan ticker timer dan guru mempraktekan peragaan sederhana dari GLB dan GLBB.
            Mencoba
-          Guru membimbing siswa memntuk keompok besar.
-          Guru menyuruh semua siswa untuk melakukan peragaan sederhana mengenai gerak yang telah dpraktekan oleh guru
-          Siswa melakukan apa yang teah diperintahkan oleh guru.
Menanya
-          Siswa dberi kesempatan untuk bertanya.
-          Siswa berdiskusi dengan teman kelompoknya.
Mengasosiasikan
-          Siswa menganalisis besaran besaran apa saja yang ada dalam percobaan.
Mengkomunikasikan
-          Guru menunjuk salah satu perwakilan dari setiap keompoknya untuk mempresentasikan hasil percobaan dan analisisnya.
-          Siswa mempresentasikan secara klasikal.
-          Guru menanggapi hasil analisis yang telah dilakukan oeh siswa dan guru menambhkan hal hal yang beum dikeathui oleh siswa.
3. Kegiatan penutup (15 menit)
            a. Guru bersama siswa menyimpulkan apa yang ktelah dipelajari.
b. Melaksanakan evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
c.  Guru memberikan tugas pada siswa.
d. Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam
     Pertemuan II
1. Kegiatan awal (15menit)
a. Guru mengucapkan salam dan memimpin berdoa
b. Guru mengecek kehadiran siswa.
                 c. Apersepsi dan Motivasi
                        -  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-  Ada yang pernah kejatuhan mangga?
            d. prasyarat pengetahuan: apa yang dimaksud gerak vertikal?
2.Kegiatan inti (60menit)
            Mengamati
-          Guru melempar bola ke atas.
-          Siswa menagamati dan membuat sebuah hipotesis.
Menanya
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya.
-          Guru membimbing siswa untuk menemukan hal lain yang berkaitan dengan gerak vertical.
Mencoba
-          Guru menunjuk salah satu siswa untuk mempresentasikan hasil temuannya.
-          Siswa mempresentasikan dengan bimbingan guru.
Mengasosiasiakan
-          Guru menyuruh siswa yang tidak melakukan presentasi agar menganaisis hasil presentasi oleh temanya.
Mengkonikasikan
-          Guru menanggapi dari jawaban siswa yang berbeda beda dan memberikan informasi tambahan yang belum disampaikan oleh siswa yang presentasi.
3. Kegiatan penutup (60 menit)
            a. Guru bersama siswa menyimpulkan apa yang ktelah dipelajari.
b. Melaksanakan evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
c.  Guru memberikan tugas pada siswa.
d. Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam
H. Penilaian
      1. Jenis/Teknikpenilaian
            -Tes
            - Nontes
       2. Bentuk Instrument
            - Pengamatan sikap
            - Tesuraian
            - Penilaian kinerja dalam percobaan
            LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
No.
Nama
Sikap
kedisipinan
kejujuran
Tanggung jawab
Persiapan awal KBM
keaktifan
skor

























Rubrik penilaian sikap
NO
Aspek yang dinilai
Rubrik
1.
Kedisiplinan
20: Disiplin dalam mengikuti pembeljaran
15: Kurang disiplin dalam mengikuti pembeljaran
10: Tidak  disiplin dalam mengikuti pembeljaran 5:
2.
Persiapan awal pembelajaran
20: Lengkap
15: Cukup Lengkap
10: Tidak Lengkap
3.
Kejujuran
20: Baik
15:Kurang baik
10: Jelek
4.
Berkomunikasi
20: Aktif dalam Tanya jawab dan dapat mengemukakan ide denagn baik.
15: Aktif dalam Tanya jawab dan kurang dapat mengemukakan ide denagn baik.
10: Tidak aktif dalam Tanya jawab dan tidak dapat mengemukakan ide denagn baik.
5.
Tanggung jawab
20:Mampu bertanggungjawab dengan baik.
15:Kurang mampu bertanggungjawab
10:Tidak bias beranggungjaewab.
Nilai akhir = 5x 20=100

LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF
No.
Indikator
Contoh Soal
1.
Membedakan anatara jarak dengan perpindahan.
1.Jelaskan perbedaan antara jarak dan perpindahan beserta gambarnya!
2.
Membedakan gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan
1.Apakah perbedaan dari GLB dan GLBB.?
3.
Menganalisis besaran-besaran fisika dalam gerak jatuh bebas.
1. Sebutir kelapa jatuh bebas dari ketinggian 15 m. Berapa waktu yang diperlukan kelapa tersebut untuk mencapai tanah?
4.
Menganalisis besaran-besaran fisika dalam gerak vertical ke atas.
1. Sebuah bola dilempar vertikal ke atas dengan kecepatan 60 m/s. Jika percepatan gravitasi g = 10 m/s2, tentukan  waktu yang diperlukan bola untuk mencapai ketinggian maksimum,
5.
Menghitung,besarnya jarak, kecepatan dan percepatan pada gerak suatu benda.
1. Suatu partikel bergerak lurus sepanjang sumbu x di mana posisinya dinyatakan
oleh persamaan x = 5t 2+1, di mana x dalam meter dan t dalam sekon. Kecepatan
rata-rata dalam selang waktu antara 2 s dan 3 s adalah … .

RubrikPenilaian
No
Jawaban
Skor
1
Benar dan lengkap
20
2
Benar dan kurang lengkap
15
3
Kurang benar
10
4
Jawaban salah
5
5.
Tidak dijawab
0

Nilaiakhir = 20 x 5= 100       

PENILAIAN PSIKOMOTORIK
            Lembar Kerja Siswa
Nama Anggota          :
Kelas                        :
Praktikum                 :
Alat dan Bahan          :
No.
Waktu (t)
Kecepatan (v)
Percepatan (a)

















           
No.
Indikator
skor
1.
Ketrampilan dalam mempraktekan

2.
Ketelitian dalam pengukuran


            Rubrik Penilaian          
No.
Indikator
skor
1.
Ketrampilan dalam melakukan percobaan
50: Sesuai dengan prosedure
30: Kurang sesuai.
10: Tidak sesuai
2.
Ketelitian dalam pengukuran
50: Teliti dalam pengambilan data
30: Kurang teliti.
10: Tidak teliti.

            Nilai akhir=50x2=100








Pemalang,September  2014

Guru Pamong                                                                                       Mahasiswa


Sobri S.Pd, M.Pd                                                                                  Fitria Hidayati.
NIP. 196706081992011001                                                                   NPM:11330015




Komentar

Postingan Populer