RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN getaran dan gelombang


RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah               : SMA…….
Mata Pelajaran    : IPA – Fisika
Kelas/Semester   : XI/2
Alokasi waktu     : 6 x 40 menit (3 x pertemuan)

A.    Standar kompetensi :
Memahami konsep getaran dan gelombang serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
B.     Kompetensi dasar :
1.   Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya
2.   Mengidentifikasi gejala-gejala getaran dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari

C.    Indikator
1.   Mengidentifikasi getaran dalam kehidupan sehari- hari
2.   Mengukur periode dan frekuensi suatu getaran
3.   Menyebutkan karakteristik gelombang transversal dan gelombang longitudinal
4.   Mendeskripsikan hubungan antara kecepatan rambat gelombang, frekuensi dan panjang gelombang
5.   Mengaitkan konsep gelombang dalam kehidupan sehari – hari

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran berakhir,diharapkan siswa dapat :
1.   Peserta didik dapat mengidentifikasi getaran dalam kehidupan sehari- hari
2.   Peserta didik dapat mengukur periode dan frekuensi suatu getaran.
3.   Peserta didik dapat  menyebutkan  karakteristik gelombang transversal dan gelombang longitudinal.
4.   Peserta didik dapat menjelaskan hubungan antara kecepatan rambat gelombang, frekuensi dan panjang gelombang.
5.   Peserta didik dapat memahami konsep gelombang dalam penerapannya di kehidupan sehari- hari.

E.Materi Pembelajaran
Getaran dan Gelombang

F.     Metode Pembelajaran
1.   Model :
·         Pembelajaran Kontextual atau Contextual Teaching and Learning (CTL)
2.   Metode :
·         Ceramah
·         Diskusi kelompok
·         Demonstrasi
·         Tanya jawab










G.    Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1
NO
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Ket.
1
Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian guru memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan getaran
b. Motivasi
Siswa mendengarkan tujuan pembelajaran tentang getaran dan gelombang
c. pengetahuan prasyarat
Guru memberikan contoh peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang dapat digolongkan dalam peristiwa getaran dan gelombang. Misalnya saat kita melakukan komunikasi melalui telepon, berselancar, terjadinya gelombang tsunami dan sebagainya.
10 menit
2.
Kegiatan inti
a. Guru memberikan sedikit penjelasan  tentang pengertian getaran.
b. Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok diskusi.
c. Melalui diskusi kelompok siswa melakukan percobaan dengan penggaris plastic dan pegas yang di beri beban  untuk mengamati ciri-ciri getaran.
d. Diminta salah satu perwakilan dari kelompok untuk mempresentasikan hasil pengamatan di depan kelas.
e. Guru menanggapi hasil diskusi dan memberikan informasi yang benar.
60 menit
3.
Kegiatan penutup
a. Guru dan siswa melakukan diskusi kelas dari hasil percobaan di tiap-tiap kelompok.
b. Guru bersama siswa membuat rangkuman kegiatan
c. Guru memberikan tugas rumah berupa latihan
10 menit

Pertemuan 2
NO
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Ket.
1.
Kegiatan pendahuluan
a. Apresepsi
·      Guru mempersiapkan kelas untuk proses pembelajaran.Kemudian, guru mengumpulkan Pekerjaan Rumah (PR) yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.
·      Selanjutnya, guru memberi penjelasan singkat tentang materi yang sudah diajarkan pada pertemuan sebelumnya.
b. Motivasi
Guru memotivasi siswa dengan memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan materi. Misalnya, bagaimana menghitung satu setengah getaran pada bandul sederhana jika dihitung dari titik setimbangnya ?
c. Pengetahuan prasayarat
Guru memberikan pertanyaan seputar materi yang akan diajarkan diajarkan tentang bagaimana caranya menghitung jumlah getaran pada bandul sederhana
15 menit
2.
Kegiatan inti
a. Guru memberikan informasi kepada peserta didik tentang pengertian amplitudo
b. Setelah memahami pengertian getaran, melalui diskusi kelas siswa dapat menghitung jumlah getaran yang dilakukan oleh suatu benda
c. Berdasarkan rumus (dengan bimbingan guru) siswa dapat menulis soal dan menyelesaikannya
d. Melalui informasi dari guru siswa dapat menjelaskan pengertian periode
e. Siswa dibimbing oleh guru dapat menuliskan rumus periode getaran
f. Dengan rumus periode getaran siswa dapat mengerjakan soal dari guru
55 menit
3.
Kegiatan penutup
a. Guru dan siswa melakukan diskusi untuk membuat rangkuman materi
b. Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal-soal
10 menit

Pertemuan 3
NO
Kegiatan pembelajaran
Alokasi waktu
Ket.
1.
Kegiatan pendahuluan
a. Apresepsi
·      Guru mempersiapkan kelas untuk proses pembelajaran.Kemudian, guru mengumpulkan Pekerjaan Rumah (PR) yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.
·      Selanjutnya, guru memberi penjelasan singkat tentang materi yang sudah diajarkan pada pertemuan sebelumnya.
b. Motivasi
Guru memotivasi siswa dengan memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan materi. Misalnya, bagaimana gempa itu dapat terjadi
c. Pengetahuan prasyarat
Guru memberikan pertanyaan seputar materi yang akan diajarkan
·      Apa saja yang kalian ketahui tentang gelombang?
·      Sebutkan bentuk gelombang yang dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari?
10 menit
2.
Kegiatan inti
a. Melalui diskusi kelas siswa dapat mendeskripsikan pengertian gelombang dan jenis-jenisnya
b. Guru memberikan instruksi kepada siswa untuk pembentukan kelompok
c. Setiap kelompok siswa melakukan percobaan gelombang pada tali dan gelombang pada permukaan air
d. Melalui dikusi kelompok siswa dapat menejlaskan ciri-ciri gelombang pada medium yang berbeda
e. Guru menanggapi diskusi dan memberikan informasi yang benar
f. Melalui diskusi kelas, guru menjelaskan pengelompokan gelombang dan besaran-besaran dalam gelombang
g. Melalui informasi dari guru siswa dapat menuliskan rumus cepat rambat dan panjang gelombang.

60 menit
3.
Kegiatan penutup
a. Guru dan siswa melakukan diskusi kelas dari hasil percobaan di tiap-tiap kelompok.
b. Guru bersama siswa membuat rangkuman kegiatan
c. Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal
10 menit

H.        Sumber Belajar
1.   Buku fisika kelas 8
2.   Buku IPA Terpadu kelas 8
3.   Buku yang relevan
4.   LKS
5.   Alat-alat untuk percobaan

I.          Media Pembelajaran
1.   Papan tulis
2.   Alat-alat tulis
3.   Alat-alat eksperimen

J.    Penilaian
1.   Tehnik penilaian
·         Test tertulis
·         Test unjuk kerja
2.   Bentuk instrument
·         Test isian dan pilihan ganda
·         Uji petik kerja prosedur dan produk
3.   Contoh instrument
·         Instrumen test isian
Jika sebuah ayunan sederhana bergetar sebanyaak 60 kali dalam waktu 15 sekon, tentukanlah frekuensi ayunan dan periode ayunan ?
Kunci :
Diketahui    : pegas bergetar 60 kali dalam 15 sekon
Ditanyakan : f dan T
Dijawab :  
a. Frekuensi adalah banyaknya getaran tiap sekon, maka banyaknya getaran dalam 1 sekon,
f =  = 4 getaran/sekon
Jadi frekuensi getarannya adalah 4 hertz
b. Periode getaran adalah waktu yang dibutuhkan untuk satu kali getaran.
T =  =  = 0,25 sekon
Jadi periode getarannya 0,25 sekon
Skor : 2
·         Instrumen test pilihan ganda
Tsunami yang merusak daerah tepi laut menunjukkan bahwa gelombang…
a.       Adalah salah satu bentuk energi
b.      Hanya dapat merambat melalui air
c.       Mempunyai frekuensi yang tinggi
d.      Dapat dipantulkan oleh dinding (tirai)
Kunci : a
Skor : 1


·         Uji petik kerja prosedur dan produk
Lakukan kegiatan untuk menentukan banyaknya getaran pada bandul dan diayunkan pada titik setimbangnya dengan menggunakan alat dan bahan sebagai berikut :
a.       Bandul atau beban
b.      Benang
Rubrik Penilaian
No.
Aspek
Skor
1
Merangakai alat dengan benar
2
2
Melakukan kegiatan dengan prosedur benar
4
3
Memperoleh data dari percobaan
2
4
Membuat kesimpulan dengan benar
2
Jumlah skor
10

Penilaian
Nilai akhir =   X 100



                                                                                                                         Manokwari, …………………2013

Mengetahui,
Kepala SMP……………………….                                                                    Guru Mata Pelajaran




                                                         
     NIP.                                                                                           NIP.



CONTOH LKS
GETARAN

Tujuan : Mengidentifikasi ciri-ciri getaran
Alat dan Bahan :  1. Penggaris plastic
2. Pegas
3. Stopwatch
4. Beban atau bandul
5. statif
Cara Kerja :
a.       Siapkan alat dan bahan
b.      Gantunglah salah satu ujung pegas pada statif, kemudian gantungkan beban pada ujung yang lain seperti pada gambar di bawah ini.







Beban yang digantung pada pegas
a). Sebelum ditarik
b). Sesudah ditarik
c.       Tariklah beban beberapa centimeter, kemudian  lepaskan. Apa yang terjadi ?
d.      Bersamaan dengan itu catat waktu yang diperlukan untuk menempuh 10 kali getaran dengan stopwatch. Catatlah hasil pengamatanmu pada table.
            Tabel pengamatan
NO.
Amplitudo
Waktu 10 kali getaran (sekon)
Waktu 1 kali getaran
1.
2 cm
….
….
2.
3 cm
….
….
3.
4 cm
….
….
4.
5 cm
….
….
5.
6 cm
….
….

e.       Lakukanlah kegiatan tersebut sampai 5 kali percobaan dengan simpangan yang berbeda-beda.

Pertanyaan
1.      Jika titik seimbang kamu beri nama A, titik terjauh atas dengan nama B dan titik terjauh bawah dengan nama C. kemudian beban mulai bergetar dari titik C, mulai dari titik-titik manakah terjadi satu getaran penuh ?
2.      Jarak manakah yang disebut amplitude ?
3.      Bagaimanakah kecenderungan besar waktu yang dibutuhkan untuk satu kali getaran pada table tersebut ?
4.      Apakah waktu yang dibutuhkan untuk satu kali getaran dipengaruhi oleh amplitude ?

Kesimpulan
……………………….......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Format Penilaian Diskusi Kelompok
No
Nama
Aspek Penilaian
Total nilai
Presentasi
Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan berpendapat



Keterangan : Nilai maksimal 20

Lembar Observasi Diskusi Kelompok
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Skor/Jumlah
1
2
3
4






Aspek yang dinilai:
  1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
  2. Kemampuan memberikan argumentasi.
  3. Kemampuan memberikan kritik.
  4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
Penskoran:                                                     Jumlah skor:
A. Tidak Baik             Skor 1                          24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik           Skor 2                          18—23 = Baik
C. Cukup Baik            Skor 3                          12—17 = Cukup
D. Baik                                    Skor 4                          6—11   = Kurang
E. Sangat Baik            Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
Nama Siswa
Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1
2
dst
Keterangan:                                                                 Rentang skor : 1—3
1.      Aktivitas dalam kelompok                                         2—15             = Sangat baik 
2.      Tanggung jawab individu                                          9—11              = Baik
3.      Pemikiran                                                        6—8                = Cukup         
4.      Keberanian berpendapat                                            3—5                = Kurang        
5.      Keberanian tampil        






Mengetahui,                                                               Manokwari,………………..2013
Kepala Sekolah……                                                   Guru Mata Pelajaran……




                                                                                           
NIP.                                                                           NIP.



PP KELAS XI GETARAN HARMONIS KURIKULUM 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XI/Satu
Materi Pokok                     : Getaran Harmonis
Alokasi Waktu   :1 x 4JP

A.    Kompetensi Inti (KI)
KI 1         : Mengahayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2                 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsive dan pro-aktif)     dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permsalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3                 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan   kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik yang sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 
KI 4                 : Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Pertemuan Pertama
KI
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.1  Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya.
1.1.1        Mengenali dan mengagumi ciptaan Tuhan  yang mengatur karakterstik fenomena getaran dalam kehidupan sehari-hari.
2
2.1  Menunjukan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggungjawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan, melaporkan dan berdiskusi.
2.1.1        Melakukan kegiatan
pengamatan secara aktif, bertanggung jawab, jujur, teliti, kerja sama, hati-hati, disiplin, tekun dan peduli lingkungan.
3
3.4  Menganalisis hubungan antara gaya dan gerak getaran
Pertemuan Pertama
3.4.1.      Menjelaskan pengertian getaran harmonis.
3.4.2.      Menganalisis karakteristik besaran-besaran fisis getaran harmonis pada bandul.
3.4.4        Menjelaskan faktor yang mempengaruhi getaran harmonis pada bandul.
4
4.4  Merencanakan dan melaksanakan percobaan getaran harmonis pada ayunan bandul dan getaran pegas.
Pertemuan Pertama
4.1.1        Melakukan percobaan menggunakan bandul untuk mengamati pengaruh panjang tali dan massa bandul terhadap periode getaran dan frekuensi getar pada gerak harmonis sederhana.

C.    Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.      Melalui kegiatan mengamati fenomena getaran dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengenali dan mengagumi kebesaran Tuhan.
2.      Melalui kegiatan percobaan, peserta didik dapat melakukan pengamatan secara aktif, teliti, kerja sama, hati-hati, disiplin, terbuka, jujur, bertanggung jawab, terbuka dan peduli lingkungan.
3.      Melalui kegiatan demonstrasi menggetarkan penggaris, peserta didik dapat menjelaskan pengertian getaran harmonis.
4.      Melalui kegiatan diskusi kelompok, peserta didik dapat menyebutkan besaran-besaran fisis pada getaran bandul. 
5.      Melalui kegiatan mencoba menggunakan bandul, peserta didik dapat menjelaskan karakteristik besaran fisis pada bandul.
6.      Melalui kegiatan percobaan, peserta didik dapat menghitung frekuensi dan periode pada ayunan bandul.
7.      Melalui kegiatan percobaan, peserta didik dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi getaran harmonis pada bandul.









D.    Materi Pembelajaran
Pertemuan
Fakta
Konsep
Prinsip
Prosedur
I
a.  Penggaris bergetar ketika diberi gaya tarik dan dilepaskan
b. Sanjola bergetar ketika diayunkan
c.  Senar gitar bergetar ketika dipetik
a.       Simpangan
b.      Amplitudo
c.       Frekuensi
d.      Periode
Getaran harmonis pada bandul

a.       Demonstrasi menggunakan penggaris.
b.      Eksperimen ayunan bandul.


E.     Pendekatan, Model dan Metode
Pertemuan
Pendekatan
Model
Metode
I
Saintifik
PBL
Demonstrasi, eksperimen, diskusi, tanya jawab


F.     Media, Alat dan Sumber Belajar
Pertemuan
Media
Alat
Sumber Belajar
I
Laptop, LCD
Statif, beban, stopwatch, bandul, penggaris, tali.
BSE, Bahan Ajar






















G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran  
Pertemuan Pertama
Sintaks Problem Based Learning
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1.      Guru dan peserta didik saling memberi salam.
2.      Doa pembukaan pembelajaran.
3.      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
4.      Memotivasi peserta didik dengan memberikan pertanyaan secara lisan mengenai getaran.
5.      Melaksanakan pretes mengenai getaran.
20 menit

Mengorientasikan peserta didik pada masalah.






Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran.








Membimbing penyelidikan mandiri.











Mengembangkan dan menyajikan karya.











Analisa dan evaluasi.
Kegiatan Inti
Mengamati
1.      Peserta didik menyimak demonstrasi menggetarkan penggaris di depan kelas.
2.      Guru menilai ketrampilan peserta didik mengamati peragaan. *)

Menanya
1.      Peserta didik mendiskusikan hasil demonstrasi yang dilakukan oleh perwakilan di depan kelas.
2.      Peserta didik membuat pertanyaan berdasarkan hasil demonstrasi.
3.      Peserta didik berdiskusi membuat jawaban sementara yang diajukan.
4.      Guru menilai kemampuan peserta didik mengamati, merumuskan masalah dan membuat jawaban sementara. *)

Mencoba
5.      Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil masing-masing terdiri atas 4 orang.
6.      Guru membagikan LKS.
7.      Peserta didik diminta untuk melakukan percobaan menggunakan ayunan bandul sesuai LKS.
8.      Peserta didik mencermati dan mencatat hasil percobaan.
9.      Guru menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan membimbing/menilai ketrampilan mencoba, menggunakan alat dan mengolah data serta menilai kemampuan peserta didik menerapkan konsep dalam pemecahan masalah. *)

Mengasosiasi
10. Peserta didik menganalisis hasil percobaan.
11. Peserta didik menjelaskan pengertian getaran harmonis.
12. Peserta didik menjelaskan besaran-besaran fisis  getaran harmonis pada bandul.
13. Peserta didik berdiskusi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi getaran harmonis pada bandul.
14. Peserta didik menghitung frekuensi dan periode pada bandul.
15. Guru membimbing/menilai kemampuan peserta didik mengolah data dan merumuskan kesimpulan. *)


Mengomunikasikan
16.  Perwakilan dari masing-masing kelompok menyampaikan hasil  dan kesimpulan diskusi.
17.  Kelompok mendiskusikan pemecahan masalah jika ada perbedaan jawaban.
18.  Guru menilai kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan. *)
19.  Guru menuntun peserta didik menyelesaikan soal-soal.
100 menit
Penutup
1.    Bersama peserta didik merangkum tentang pengertian getaran, besaran-besaran fisis dan faktor-faktor yang mempengaruhi getaran pada bandul.
2.      Melaksanakan postes.
3.      Guru memberikan tugas baca tentang getaran harmonis pada pegas.
15 menit
*) penilaian dilakukan selama proses pembelajaran



Kupang,       April 2014
Mengetahui,

Kepala SMA





NIP. --------------------------------------


Guru Mata Pelajaran Fisika





NIP.------------------------------------------



LEMBAR KERJA SISWA I
GETARAN HARMONIS PADA BANDUL
A.    Tujuan
Mengamati pengaruh panjang tali dan massa bandul terhadap periode getaran dan frekuensi getar pada gerak harmonik sederhana.

Mengamati
Peserta didik mengamati demonstrasi menggetarkan penggaris.
1.      Rumusan Masalah
-          .......................................................................................................................
-          .......................................................................................................................
-          .......................................................................................................................
2.      Jawaban Sementara
-          .......................................................................................................................
-          .......................................................................................................................
-          .......................................................................................................................
-          .......................................................................................................................

Mencoba
B.     Alat/Bahan
1.      Statif                     : 1 buah
2.      Beban                   : 1 buah (20 g, 50 g dan 100 g)
3.      Stopwatch                          : 1 buah
4.      Tali/benang        : 1 buah (10 cm, 20 cm dan 30 cm)
5.      Penggaris                             : 1 buah

C.    Prosedur
1.      Rangkailah alat seperti pada gambar di bawah!
C
                                                 
    
        l                                                                        θ           l

A

B
 
                                                                                                                                                     m
                                                                                                                                                                                                                                m                                                                               
Gambar A

Gambar B
 
1 getaran = C – B – A – B – C atau A – B – C – B – A
Titik B                    : Titik kesetimbangan
Titik A dan C       : Simpangan terjauh
Panjang tali yang digunakan l = 10 cm dan massa m = 20 g.
2.      Berikan sudut simpangan (y) pada beban dengan sudut 10 derajat, lalu lepaskan. Catatlah jumlah getaran dalam waktu 10 sekon!
3.      Ulangi langkah 1 dan 2 untuk massa 50 g dan 100 g!
4.      Lakukan langkah 1 dan 2 dengan massa bandul tetap m = 20 g dan panjang tali berbeda, yaitu 20 cm dan 30 cm!
5.      Hitung periode dan frekuensi untuk massa yang berbeda berdasarkan hasil percobaan 1 sampai 3!
6.      Hitung periode dan frekuensi untuk panjang tali yang berbeda berdasarkan hasil percobaan 4!
7.      Berdasarkan hasil percobaan, simpulkan bagaimana pengaruh massa bandul terhadap periode dan frekuensi pada ayunan bandul!
8.      Berdasarkan hasil percobaan, simpulkan bagaimana pengaruh panjang tali terhadap periode dan frekuensi pada ayunan bandul!
D.     Hasil Pengamatan

Tabel A:               (g = 10 m/s2)
Massa Bandul (m)
Panjang Tali (l)
Waktu (t)
Jumlah getaran
(n)

Frekuensi
 ( f =   )
Periode
 (T = 2π )
m1 =20 g
l1 = 10 cm
10 s
­­
m2 =50 g
l2 =10 cm
10 s
m3 =100 g
l3 =10 cm
10 s

Tabel B:
Massa Bandul (m)
Panjang Tali (l)
Waktu (t)
Jumlah getaran
(n)

Frekuensi
 ( f =   )
Periode
 (T = 2π )
m1 =20 g
l1 = 10 cm
10 s
­­
m2 =20 g
l2 =20 cm
10 s
m3 =20 g
l3 =30 cm
10 s

Mengasosiasi
E.     Analisis Data
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
F.     Kesimpulan
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................


Komentar

Postingan Populer