RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN getaran dan gelombang
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA…….
Mata Pelajaran : IPA – Fisika
Kelas/Semester : XI/2
Alokasi waktu : 6 x 40 menit
(3 x pertemuan)
A. Standar
kompetensi :
Memahami konsep getaran dan gelombang serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
B. Kompetensi
dasar :
1. Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang
serta parameter-parameternya
2. Mengidentifikasi gejala-gejala getaran dan
gelombang dalam kehidupan sehari-hari
C. Indikator
1. Mengidentifikasi getaran dalam kehidupan
sehari- hari
2. Mengukur periode dan frekuensi suatu getaran
3. Menyebutkan karakteristik gelombang
transversal dan gelombang longitudinal
4. Mendeskripsikan hubungan antara kecepatan
rambat gelombang, frekuensi dan panjang gelombang
5. Mengaitkan konsep gelombang dalam kehidupan
sehari – hari
D. Tujuan
Pembelajaran
Setelah pembelajaran berakhir,diharapkan siswa
dapat :
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi getaran
dalam kehidupan sehari- hari
2. Peserta didik dapat mengukur periode dan
frekuensi suatu getaran.
3. Peserta didik dapat menyebutkan
karakteristik gelombang transversal dan gelombang longitudinal.
4. Peserta didik dapat menjelaskan hubungan
antara kecepatan rambat gelombang, frekuensi dan panjang gelombang.
5. Peserta didik dapat memahami konsep gelombang
dalam penerapannya di kehidupan sehari- hari.
E.Materi Pembelajaran
Getaran dan Gelombang
F. Metode
Pembelajaran
1. Model :
·
Pembelajaran Kontextual atau Contextual
Teaching and Learning (CTL)
2. Metode :
·
Ceramah
·
Diskusi kelompok
·
Demonstrasi
·
Tanya jawab
G. Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan 1
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Ket.
|
1
|
Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian guru
memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan getaran
b. Motivasi
Siswa mendengarkan tujuan pembelajaran tentang getaran dan gelombang
c. pengetahuan prasyarat
Guru memberikan contoh peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang
dapat digolongkan dalam peristiwa getaran dan gelombang. Misalnya saat kita
melakukan komunikasi melalui telepon, berselancar, terjadinya gelombang
tsunami dan sebagainya.
|
10 menit
|
|
2.
|
Kegiatan inti
a. Guru memberikan sedikit penjelasan tentang pengertian getaran.
b. Guru membagi siswa ke dalam beberapa
kelompok diskusi.
c. Melalui diskusi kelompok siswa melakukan
percobaan dengan penggaris plastic dan pegas yang di beri beban untuk mengamati ciri-ciri getaran.
d. Diminta salah satu perwakilan dari
kelompok untuk mempresentasikan hasil pengamatan di depan kelas.
e. Guru menanggapi hasil diskusi dan
memberikan informasi yang benar.
|
60 menit
|
|
3.
|
Kegiatan penutup
a. Guru dan siswa melakukan diskusi kelas
dari hasil percobaan di tiap-tiap kelompok.
b. Guru bersama siswa membuat rangkuman
kegiatan
c. Guru memberikan tugas rumah berupa latihan
|
10 menit
|
Pertemuan 2
NO
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Ket.
|
1.
|
Kegiatan pendahuluan
a. Apresepsi
· Guru mempersiapkan kelas untuk proses
pembelajaran.Kemudian, guru mengumpulkan Pekerjaan Rumah (PR) yang telah
diberikan pada pertemuan sebelumnya.
· Selanjutnya, guru memberi penjelasan singkat
tentang materi yang sudah diajarkan pada pertemuan sebelumnya.
b. Motivasi
Guru memotivasi siswa dengan memberikan pertanyaan yang berhubungan
dengan materi. Misalnya, bagaimana menghitung satu setengah getaran pada
bandul sederhana jika dihitung dari titik setimbangnya ?
c. Pengetahuan prasayarat
Guru memberikan pertanyaan seputar materi yang akan diajarkan
diajarkan tentang bagaimana caranya menghitung jumlah getaran pada bandul
sederhana
|
15 menit
|
|
2.
|
Kegiatan inti
a. Guru memberikan informasi kepada peserta
didik tentang pengertian amplitudo
b. Setelah memahami pengertian getaran,
melalui diskusi kelas siswa dapat menghitung jumlah getaran yang dilakukan
oleh suatu benda
c. Berdasarkan rumus (dengan bimbingan guru)
siswa dapat menulis soal dan menyelesaikannya
d. Melalui informasi dari guru siswa dapat
menjelaskan pengertian periode
e. Siswa dibimbing oleh guru dapat
menuliskan rumus periode getaran
f. Dengan rumus periode getaran siswa dapat
mengerjakan soal dari guru
|
55 menit
|
|
3.
|
Kegiatan penutup
a. Guru dan siswa melakukan diskusi untuk
membuat rangkuman materi
b. Guru memberikan tugas rumah berupa
latihan soal-soal
|
10 menit
|
Pertemuan 3
NO
|
Kegiatan pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Ket.
|
1.
|
Kegiatan pendahuluan
a. Apresepsi
· Guru mempersiapkan kelas untuk proses
pembelajaran.Kemudian, guru mengumpulkan Pekerjaan Rumah (PR) yang telah
diberikan pada pertemuan sebelumnya.
· Selanjutnya, guru memberi penjelasan singkat
tentang materi yang sudah diajarkan pada pertemuan sebelumnya.
b. Motivasi
Guru memotivasi siswa dengan memberikan pertanyaan yang berhubungan
dengan materi. Misalnya, bagaimana gempa itu dapat terjadi
c. Pengetahuan prasyarat
Guru memberikan pertanyaan seputar materi yang akan diajarkan
· Apa saja yang kalian ketahui tentang
gelombang?
· Sebutkan bentuk gelombang yang dapat kita
lihat dalam kehidupan sehari-hari?
|
10 menit
|
|
2.
|
Kegiatan inti
a. Melalui diskusi kelas siswa dapat
mendeskripsikan pengertian gelombang dan jenis-jenisnya
b. Guru memberikan instruksi kepada siswa
untuk pembentukan kelompok
c. Setiap kelompok siswa melakukan percobaan
gelombang pada tali dan gelombang pada permukaan air
d. Melalui dikusi kelompok siswa dapat
menejlaskan ciri-ciri gelombang pada medium yang berbeda
e. Guru menanggapi diskusi dan memberikan
informasi yang benar
f. Melalui diskusi kelas, guru menjelaskan
pengelompokan gelombang dan besaran-besaran dalam gelombang
g. Melalui informasi dari guru siswa dapat
menuliskan rumus cepat rambat dan panjang gelombang.
|
60 menit
|
|
3.
|
Kegiatan penutup
a. Guru dan siswa melakukan diskusi kelas
dari hasil percobaan di tiap-tiap kelompok.
b. Guru bersama siswa membuat rangkuman
kegiatan
c. Guru memberikan tugas rumah berupa
latihan soal
|
10 menit
|
H.
Sumber Belajar
1. Buku fisika kelas 8
2. Buku IPA Terpadu kelas 8
3. Buku yang relevan
4. LKS
5. Alat-alat untuk percobaan
I.
Media Pembelajaran
1. Papan tulis
2. Alat-alat tulis
3. Alat-alat eksperimen
J. Penilaian
1. Tehnik penilaian
·
Test tertulis
·
Test unjuk kerja
2. Bentuk instrument
·
Test isian dan pilihan ganda
·
Uji petik kerja prosedur dan produk
3. Contoh instrument
·
Instrumen test isian
Jika sebuah ayunan sederhana bergetar
sebanyaak 60 kali dalam waktu 15 sekon, tentukanlah frekuensi ayunan dan
periode ayunan ?
Kunci :
Diketahui
: pegas bergetar 60 kali dalam 15 sekon
Ditanyakan : f dan T
Dijawab :
a.
Frekuensi adalah banyaknya getaran tiap sekon, maka banyaknya getaran dalam 1
sekon,
f = = 4
getaran/sekon
Jadi frekuensi getarannya adalah 4 hertz
b. Periode getaran adalah waktu yang
dibutuhkan untuk satu kali getaran.
T = = = 0,25
sekon
Jadi periode getarannya 0,25 sekon
Skor : 2
·
Instrumen test pilihan ganda
Tsunami yang merusak daerah tepi laut
menunjukkan bahwa gelombang…
a.
Adalah salah satu bentuk energi
b. Hanya dapat merambat melalui air
c.
Mempunyai frekuensi yang tinggi
d. Dapat dipantulkan oleh dinding (tirai)
Kunci : a
Skor : 1
·
Uji petik kerja prosedur dan produk
Lakukan kegiatan untuk menentukan banyaknya
getaran pada bandul dan diayunkan pada titik setimbangnya dengan menggunakan
alat dan bahan sebagai berikut :
a.
Bandul atau beban
b. Benang
Rubrik Penilaian
No.
|
Aspek
|
Skor
|
1
|
Merangakai alat dengan benar
|
2
|
2
|
Melakukan kegiatan dengan prosedur benar
|
4
|
3
|
Memperoleh data dari percobaan
|
2
|
4
|
Membuat kesimpulan dengan benar
|
2
|
Jumlah skor
|
10
|
Penilaian
Nilai akhir = X
100
Manokwari, …………………2013
Mengetahui,
Kepala SMP……………………….
Guru Mata Pelajaran
NIP.
NIP.
CONTOH LKS
GETARAN
Tujuan : Mengidentifikasi ciri-ciri getaran
Alat dan Bahan : 1.
Penggaris plastic
2. Pegas
3. Stopwatch
4. Beban atau bandul
5. statif
Cara Kerja :
a.
Siapkan alat dan bahan
b. Gantunglah salah satu ujung pegas pada statif,
kemudian gantungkan beban pada ujung yang lain seperti pada gambar di bawah
ini.
Beban yang digantung pada pegas
a). Sebelum ditarik
b). Sesudah ditarik
c.
Tariklah beban beberapa centimeter,
kemudian lepaskan. Apa yang terjadi ?
d. Bersamaan dengan itu catat waktu yang
diperlukan untuk menempuh 10 kali getaran dengan stopwatch. Catatlah hasil
pengamatanmu pada table.
Tabel pengamatan
NO.
|
Amplitudo
|
Waktu 10 kali getaran (sekon)
|
Waktu 1 kali getaran
|
1.
|
2 cm
|
….
|
….
|
2.
|
3 cm
|
….
|
….
|
3.
|
4 cm
|
….
|
….
|
4.
|
5 cm
|
….
|
….
|
5.
|
6 cm
|
….
|
….
|
e.
Lakukanlah kegiatan tersebut sampai 5 kali
percobaan dengan simpangan yang berbeda-beda.
Pertanyaan
1. Jika titik seimbang kamu beri nama A, titik
terjauh atas dengan nama B dan titik terjauh bawah dengan nama C. kemudian
beban mulai bergetar dari titik C, mulai dari titik-titik manakah terjadi satu
getaran penuh ?
2. Jarak manakah yang disebut amplitude ?
3. Bagaimanakah kecenderungan besar waktu yang
dibutuhkan untuk satu kali getaran pada table tersebut ?
4. Apakah waktu yang dibutuhkan untuk satu kali
getaran dipengaruhi oleh amplitude ?
Kesimpulan
……………………….......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Format Penilaian Diskusi Kelompok
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Total nilai
|
Presentasi
|
|||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan berpendapat
|
||||
Keterangan : Nilai maksimal 20
Lembar
Observasi Diskusi Kelompok
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Skor/Jumlah
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
Aspek yang dinilai:
- Kemampuan menyampaikan pendapat.
- Kemampuan memberikan argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan pertanyaan.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23
= Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11
= Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria Penilaian
|
Jumlah Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
dst
|
Keterangan: Rentang skor : 1—3
1. Aktivitas dalam kelompok 2—15 =
Sangat baik
2.
Tanggung
jawab individu 9—11 = Baik
3.
Pemikiran 6—8 = Cukup
4.
Keberanian
berpendapat 3—5 = Kurang
5.
Keberanian
tampil
Mengetahui,
Manokwari,………………..2013
Kepala Sekolah…… Guru Mata Pelajaran……
NIP.
NIP.
PP KELAS XI GETARAN HARMONIS KURIKULUM 2013
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran :
Fisika
Kelas/Semester : XI/Satu
Materi Pokok :
Getaran Harmonis
Alokasi Waktu :1 x 4JP
A. Kompetensi
Inti (KI)
KI 1 : Mengahayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli,
santun, ramah lingkungan, gotong
royong, kerja sama, cinta damai, responsive dan pro-aktif)
dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permsalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual,
konseptual, procedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan
peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik yang sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
Pertemuan Pertama
KI
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1
|
1.1 Menyadari kebesaran
Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melalui pengamatan
fenomena alam fisis dan pengukurannya.
|
1.1.1
Mengenali dan mengagumi ciptaan Tuhan
yang mengatur karakterstik
fenomena getaran dalam kehidupan sehari-hari.
|
2
|
2.1 Menunjukan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
hati-hati; bertanggungjawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif; dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan, melaporkan dan berdiskusi.
|
2.1.1
Melakukan kegiatan
pengamatan secara aktif, bertanggung jawab, jujur, teliti, kerja sama, hati-hati,
disiplin, tekun dan peduli lingkungan.
|
3
|
3.4 Menganalisis hubungan
antara gaya dan gerak getaran
|
Pertemuan Pertama
3.4.1. Menjelaskan
pengertian getaran harmonis.
3.4.2. Menganalisis
karakteristik besaran-besaran fisis getaran harmonis pada bandul.
3.4.4
Menjelaskan faktor yang
mempengaruhi getaran harmonis pada bandul.
|
4
|
4.4 Merencanakan dan
melaksanakan percobaan getaran harmonis pada ayunan bandul dan getaran pegas.
|
Pertemuan Pertama
4.1.1
Melakukan percobaan
menggunakan bandul untuk mengamati pengaruh panjang tali dan massa bandul terhadap
periode getaran dan frekuensi getar pada gerak harmonis sederhana.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
1. Melalui kegiatan mengamati fenomena
getaran dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengenali dan
mengagumi kebesaran Tuhan.
2. Melalui kegiatan percobaan, peserta
didik dapat melakukan pengamatan secara aktif, teliti, kerja
sama, hati-hati, disiplin, terbuka, jujur, bertanggung jawab,
terbuka dan peduli lingkungan.
3. Melalui
kegiatan demonstrasi menggetarkan
penggaris, peserta didik dapat menjelaskan pengertian getaran harmonis.
4. Melalui kegiatan diskusi kelompok, peserta
didik dapat menyebutkan besaran-besaran fisis pada getaran bandul.
5. Melalui kegiatan mencoba menggunakan
bandul, peserta didik dapat menjelaskan karakteristik besaran fisis pada
bandul.
6. Melalui kegiatan percobaan, peserta didik
dapat menghitung frekuensi dan periode pada ayunan bandul.
7. Melalui kegiatan percobaan, peserta didik
dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi getaran harmonis pada bandul.
D. Materi
Pembelajaran
Pertemuan
|
Fakta
|
Konsep
|
Prinsip
|
Prosedur
|
I
|
a. Penggaris bergetar ketika diberi gaya tarik dan
dilepaskan
b. Sanjola bergetar ketika diayunkan
c. Senar gitar bergetar ketika dipetik
|
a.
Simpangan
b. Amplitudo
c.
Frekuensi
d. Periode
|
Getaran harmonis pada bandul
|
a.
Demonstrasi menggunakan
penggaris.
b. Eksperimen ayunan bandul.
|
E. Pendekatan,
Model dan Metode
Pertemuan
|
Pendekatan
|
Model
|
Metode
|
I
|
Saintifik
|
PBL
|
Demonstrasi, eksperimen, diskusi, tanya
jawab
|
F. Media,
Alat dan Sumber Belajar
Pertemuan
|
Media
|
Alat
|
Sumber Belajar
|
I
|
Laptop, LCD
|
Statif, beban, stopwatch, bandul, penggaris,
tali.
|
BSE, Bahan Ajar
|
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Sintaks Problem Based Learning
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
1. Guru dan peserta didik saling memberi
salam.
2. Doa pembukaan pembelajaran.
3. Menyampaikan tujuan pembelajaran.
4. Memotivasi peserta didik dengan
memberikan pertanyaan secara lisan mengenai getaran.
5. Melaksanakan pretes mengenai getaran.
|
20 menit
|
|
Mengorientasikan peserta didik pada masalah.
Mengorganisasikan kegiatan pembelajaran.
Membimbing penyelidikan mandiri.
Mengembangkan dan menyajikan karya.
Analisa dan evaluasi.
|
Kegiatan Inti
Mengamati
1. Peserta
didik menyimak demonstrasi menggetarkan
penggaris di depan kelas.
2. Guru
menilai ketrampilan peserta didik mengamati peragaan. *)
Menanya
1. Peserta
didik mendiskusikan hasil demonstrasi
yang dilakukan oleh
perwakilan di depan kelas.
2. Peserta didik membuat pertanyaan
berdasarkan hasil demonstrasi.
3. Peserta didik berdiskusi membuat jawaban
sementara yang diajukan.
4. Guru menilai kemampuan peserta didik
mengamati, merumuskan masalah dan membuat jawaban sementara. *)
Mencoba
5. Peserta
didik dibagi dalam kelompok kecil masing-masing terdiri atas 4 orang.
6. Guru membagikan LKS.
7. Peserta
didik diminta untuk melakukan
percobaan menggunakan ayunan bandul sesuai LKS.
8. Peserta
didik mencermati dan mencatat hasil percobaan.
9. Guru
menilai sikap peserta didik dalam kerja kelompok dan membimbing/menilai
ketrampilan mencoba, menggunakan alat dan mengolah data serta menilai
kemampuan peserta didik menerapkan konsep dalam pemecahan masalah. *)
Mengasosiasi
10. Peserta didik menganalisis hasil percobaan.
11. Peserta didik menjelaskan pengertian getaran
harmonis.
12. Peserta didik menjelaskan besaran-besaran fisis getaran harmonis pada bandul.
13. Peserta didik berdiskusi tentang faktor-faktor
yang mempengaruhi getaran harmonis pada bandul.
14. Peserta didik menghitung frekuensi dan periode
pada bandul.
15. Guru membimbing/menilai
kemampuan peserta didik mengolah data dan merumuskan kesimpulan. *)
Mengomunikasikan
16. Perwakilan dari
masing-masing kelompok menyampaikan hasil
dan kesimpulan diskusi.
17. Kelompok mendiskusikan
pemecahan masalah jika ada perbedaan jawaban.
18. Guru menilai kemampuan
peserta didik berkomunikasi lisan. *)
19. Guru menuntun peserta
didik menyelesaikan soal-soal.
|
100 menit
|
Penutup
1. Bersama
peserta didik merangkum tentang
pengertian getaran,
besaran-besaran fisis dan faktor-faktor yang mempengaruhi getaran pada
bandul.
2. Melaksanakan
postes.
3. Guru memberikan tugas baca tentang
getaran harmonis pada pegas.
|
15 menit
|
*) penilaian dilakukan selama proses pembelajaran
Kupang,
April 2014
Mengetahui,
Kepala SMA
NIP. --------------------------------------
|
Guru Mata Pelajaran Fisika
NIP.------------------------------------------
|
LEMBAR KERJA SISWA I
GETARAN HARMONIS PADA BANDUL
A. Tujuan
Mengamati
pengaruh panjang tali dan massa bandul terhadap periode getaran dan frekuensi
getar pada gerak harmonik sederhana.
Mengamati
Peserta didik
mengamati demonstrasi menggetarkan penggaris.
1.
Rumusan Masalah
-
.......................................................................................................................
-
.......................................................................................................................
-
.......................................................................................................................
2.
Jawaban Sementara
-
.......................................................................................................................
-
.......................................................................................................................
-
.......................................................................................................................
-
.......................................................................................................................
Mencoba
B. Alat/Bahan
1.
Statif : 1 buah
2.
Beban : 1 buah
(20 g, 50 g dan 100 g)
3.
Stopwatch :
1 buah
4.
Tali/benang : 1 buah (10 cm,
20 cm dan 30 cm)
5.
Penggaris :
1 buah
C. Prosedur
1. Rangkailah alat seperti
pada gambar di bawah!
C
|
l θ l
A
|
B
|
m
m
Gambar A
|
Gambar B
|
1 getaran = C – B – A – B – C atau A – B
– C – B – A
Titik B : Titik kesetimbangan
Titik A dan
C : Simpangan terjauh
Panjang tali yang digunakan l = 10 cm dan massa m = 20 g.
2. Berikan sudut simpangan
(y) pada beban dengan sudut 10 derajat, lalu lepaskan. Catatlah jumlah getaran
dalam waktu 10 sekon!
3. Ulangi langkah 1 dan 2
untuk massa 50 g dan 100 g!
4. Lakukan langkah 1 dan 2
dengan massa bandul tetap m = 20 g dan panjang tali berbeda, yaitu 20 cm
dan 30 cm!
5. Hitung periode dan
frekuensi untuk massa yang berbeda berdasarkan hasil percobaan 1 sampai 3!
6. Hitung periode dan
frekuensi untuk panjang tali yang berbeda berdasarkan hasil percobaan 4!
7. Berdasarkan hasil
percobaan, simpulkan bagaimana pengaruh massa bandul terhadap periode dan
frekuensi pada ayunan bandul!
8. Berdasarkan hasil
percobaan, simpulkan bagaimana pengaruh panjang tali terhadap periode dan
frekuensi pada ayunan bandul!
D. Hasil Pengamatan
Tabel A: (g = 10 m/s2)
Massa Bandul (m)
|
Panjang Tali (l)
|
Waktu (t)
|
Jumlah getaran
(n)
|
Frekuensi
( f = )
|
Periode
(T = 2π )
|
m1 =20 g
|
l1 = 10 cm
|
10 s
|
|
||
m2 =50 g
|
l2 =10 cm
|
10 s
|
|||
m3 =100 g
|
l3 =10 cm
|
10 s
|
Tabel B:
Massa Bandul (m)
|
Panjang Tali (l)
|
Waktu (t)
|
Jumlah getaran
(n)
|
Frekuensi
( f = )
|
Periode
(T = 2π )
|
m1 =20 g
|
l1 = 10 cm
|
10 s
|
|
||
m2 =20 g
|
l2 =20 cm
|
10 s
|
|||
m3 =20 g
|
l3 =30 cm
|
10 s
|
Mengasosiasi
E. Analisis Data
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
F. Kesimpulan
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
Komentar
Posting Komentar